Mengenal SPAM, SPAMMING, dan SPAMMER lebih Jauh

20.00
Internet menjadi media super saat ini, dengan adanya internet kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Pemanfaatan terhadap internet dapat dilakukan dalam bidang apapun. Beberapa orang melakukan promosi secara berlebihan dengan memanfaatkan internet. Salah satunya bentuk promosi sampah ini adalah SPAM.

A. APA ITU SPAM ?
SPAM adalah istilah untuk pesan elektronik yang disebarkan secara massal tanpa persetujuan penerima. Teknik SPAM menjadi satu dari banyak permasalahan yang timbul di internet. Pelaku dari SPAM adalah SPAMMER dan teknik yang digunakan disebut SPAMMING. Terdapat berbagai jenis SPAM sesuai dengan tujuan pengirimnya. SPAM tidak dapat dimusnahkan, namun ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi SPAM yang masuk ke email anda. Silahkan baca artikel kami di bawah ini untuk melindungi akun anda dari SPAM.

Baca Juga : JanganDiShare – Tips Melindungi Email Anda Dari SPAM

B. APA TUJUAN DAN FUNGSI DARI SPAM ?
Seperti yang telah saya katakan di atas, teknik Spamming dilakukan untuk berbagai tujuan. Namun secara garis besar memiliki 3 Tujuan :
APA ITU SPAM ? APA TUJUANNYA ?
1. Tujuan Promosi dan Mencari Uang
Pesan yang bertujuan untuk promosi biasanya berbentuk seperti iklan yang ditawarkan oleh perusahaan. SPAM ini berbentuk pesan yang menjabarkan tentang produk mereka yang memiliki berbagai kelebihan. SPAM untuk tujuan promosi merupakan yang paling banyak dan paling sering terjadi. Apabila anda sudah menjadi salah satu target dari pelaku, maka kemungkinan akun anda akan terus menerus mendapatkan pesan yang sama.

Seiring dengan pertumbuhan pesat di internet, sangat banyak pekerjaan yang dapat dilakukan. Beberapa orang mendapatkan uang dengan mengirim email kepada orang lain. Mungkin pelaku SPAM bukanlah pemiliki dari produk yang terdapat di dalam pesannya, ia hanya mencoba mempromosikan produk atau jasa tersebut untuk mendapatkan uang.

2. Tujuan Penipuan
SPAM seperti ini biasanya dilakukan oleh orang – orang dengan latar belakang sangat tidak jelas. Mereka memberikan penawaran yang jauh melenceng dari harga pasar bahkan tidak masuk akal. Adapula pesan yang mengatasnamakan perusahaan besar dan mengatakan bahwa anda mendapat hadiah, namun untuk mengambil hadiah dibutuhkan beberapa syarat. Banyak yang sudah menjadi korban dari SPAM jenis ini, namun karena teknologi terus berkembang, penurunan angka korban penipuan semakin menurun hari demi hari. SPAM dengan tujuan penipuan berbeda dengan SPAM Komersil pada poin pertama, pada SPAM komersil mereka memang memiliki produk atau jasa yang ditawarkan, namun pada SPAM penipuan produk atau jasa tersebut hanyalah khayalan.

3. Tujuan Kejahatan
Tidakan SPAM biasanya dipakai untuk mendapatkan informasi tentang korbannya. Adajuga yang bertujuan untuk menyebarkan virus. Apabila pelaku berhasil mendapatkan hal yang diinginkan, artinya akun anda sudah tidak aman lagi. Tujuan spam untuk kejahatan ini tidak jauh berbeda dengan tujuan spam untuk penipuan pada poin kedua, namun bahaya yang ditimbulkan untuk tujuan kejahatan lebih besar. Jadi selalu berhati – hati terhadap pesan yang mencurigakan.

SPAM yang dilakukan untuk segala tujuan sangat mengganggu dan meresahkan.  Berbagai upaya telah dilakukan oleh perusahaan besar seperti google dan facebook untuk melindungi akun anda. Namun tetap perusahaan sekelas itu juga belum bisa memusnahkan spam, untuk menjaga akun anda, pastikan selalu berhati – hati, jangan memberikan informasi tentang anda kepada orang yang tidak dikenal.


Terimakasih telah berkunjung di website sederhana ini. Terus amati website kami karena akan diposting 2 artikel menarik setiap harinya. Semoaga artikel kali ini bermanfaat. JanganDiShare, Simpan Informasi Ini Untuk anda sendiri. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »