Haruskah Kita Keluar dari Zona Nyaman ?

08.00
Banyak orang salah dalam mengartikan apa yang dimaksud dengan zona nyaman. Menurut saya zona nyaman adalah suatu keadaan dimana anda terjebak dengan kebiasaan sehingga tidak produktif dan menjalani hidup seperti itu secara terus menerus. Setiap orang memiliki cita – cita, namun sedikit yang mampu bergerak secara konsisten untuk mewujudkannya. Kendala utamanya adalah susah untuk keluar dari zona nyaman. Contohnya, seorang dengan tujuan menjadi pebisnis sukses ingin mengatur waktunya sebaik mungkin, namun ia menghabiskan sangat banyak waktu untuk bermain internet dan sosial media. Hal ini membuatnya tidak bisa mengalokasikan waktu yang optimal untuk membangun bisnis, inilah yang menjadi penyebab utama kegagalan.
HARUSKAH KITA KELUAR DARI ZONA NYAMAN ?
Zona nyaman memiliki pengertian yang sangat luas yang sulit untuk diberikan gambarannya hanya melalui beberapa kalimat. Jadi saya akan mencontohkan 3 orang dengan zona nyaman yang berbeda – beda :

Seorang pelajar ingin menjadi fotografer yang sukses. Ia ingin membeli kamera bagus yang mampu menjadi partnernya untuk mencapai cita – cita tersebut. Namun ia tidak mempunyai cukup uang untuk membelinya. Temannya menawarkan bekerja paruh waktu menjadi kuli bangunan, tapi ia menolak karena malu. Keinginannya untuk memiliki kamera terus bertambah, tapi masih saja belum bisa mengalahkan rasa malunya untuk bekerja. (ZONA NYAMAN : RASA MALU BERLEBIHAN)

Seorang atlet lari frustasi karena selalu berada pada peringkat terendah di setiap balapan. Ia berniat untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran fisiknya sebaik mungkin. Tapi ia memiliki hobi memakan makanan cepat saji dan tidak suka telur. Setiap pagi ia memaksakan tubuhnya untuk berlatih, tapi kebiasaan makan makanan cepat saji juga tidak dapat dihindarkan. Peringkatnya tetap saja menjadi yang terakhir (ZONA NYAMAN : TIDAK MAMPU MENAHAN NAFSU)

Seorang mahasiswa merasa bosan dengan kehidupannya. Hari – harinya dimulai dengan bangun tidur – kuliah – pulang – kembali tidur. Orang – orang mulai menjulukinya sebagai mahasiswa kupu – kupu (kuliah pulang – kuliah pulang). Dalam lubuk hatinya ia ingin menjadi seseorang yang dekat dengan alam. Ketika berpikir mengenai hal tersebut ketakutannya muncul, ia takut nilainya nanti menurun, orang tuanya tidak suka, takut mengalami kecelakaan, dan ketakutan akan hal lain. Kehidupannya terus membosankan seperti itu sampai ia tamat. (ZONA NYAMAN : RASA TAKUT)

Tiga contoh yang berbeda di atas mungkin memiliki inti masalah yang sama. Ketiga orang itu tidak melakukan perubahan untuk menjadi yang mereka inginkan. Jadi intinya Jika anda Tidak Puas Dengan Kehidupan yang Sekarang, Lakukan Perubahan, Keluar dari zona nyaman anda.

Apakah harus keluar dari zona nyaman ?

Harus, jika anda ingin hidup anda menjadi lebih baik. Namun apabila merasa hidup anda sudah cukup menyenangkan dengan keadaan tersebut, maka tidak perlu keluar dari zona nyaman anda. Intinya segala sesuatu bergantung kepada diri kita masing – masing. Apa yang kita inginkan ? Perubahan ? Kebebasan ? Atau apapun, kitalah yang berhak untuk mengaturnya, bukan orang lain.

Tapi bagi anda yang memiliki keinginan untuk terus meningkatkan kemampuan diri anda dalam segala sesuatu, keluar dari zona nyaman sangatlah penting. Cobalah tantangan baru dalam hidup, anda akan mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan. Hancurkan dinding yang membatasi diri anda, rasa takut, rasa malu dan lainnya, Lakukanlah perubahan.


Nah dengan demikian anda sudah mengerti apa yang dimaksud dengan ZONA NYAMAN, dan bagaimana mengatasinya. Semoga rahasia ini dapat bermanfaat. JanganDiShare, biarkan mereka, informasi ini hanya untuk anda J. Terimakasih telah berkunjung. Baca juga berbagai rahasia menarik lainnya di website ini. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »