8 Kebiasaan yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Tidur

20.00
Tidur adalah kebutuhan sehari – hari bagi tubuh kita. Saat tidur tubuh beristirahat dan memulihkan diri dari kepenatan yang telah dilalui seharian. Untuk membentuk tubuh yang sehat ternyata perlu dilakukan beberapa hal sebelum tidur. Banyak orang sukses memiliki kebiasaan baik yang dilakukan sebelum tidur, selain bagus untuk kesehatan tubuh beberapa kebiasaan di bawah ini juga meningkatkan kualitas hidup anda.

Namun sayangnya banyak orang yang masih mengabaikan pentingnya kebiasaan – kebiasaan sebelum tidur ini. Nah bagi anda yang sudah mampir untuk membaca artikel kami, silahkan terapkan kebiasaan – kebiasaan berikut agar hidup anda menjadi lebih baik. Berikut adalah 8 Kebiasaan wajib yang harus anda lakukan sebelum tidur.
8 KEBIASAAN YANG WAJIB DILAKUKAN SEBELUM TIDUR
1. Membersihkan diri
Tindakan untuk membersihkan diri sebelum tidur adalah mencuci tangan, kaki, dan menyikat gigi. Hal ini mencegah penyebaran kuman yang terkumpul pada bagian tubuh tersebut. Untuk membunuh bakteri, tidak cukup hanya dengan menggunakan air, cucilah tangan dan kaki anda menggunakan sabun kemudian keringkan dengan handuk yang lembut. Sikatlah gigi anda dengan odol yang sesuai. Selain itu cabutlah perhiasaan yang anda pakai seperti jam dan gelang sebelum anda beranjak ke tempat tidur.

2. Matikan Listrik dan Lakukan Pengecekan Situasi Rumah
Kurangi pengeluaran biaya dengan memadamkan listrik yang tidak terpakai, namun lampu teras rumah harus tetap hidup untuk menandakan ada orang di dalam. Sebelum menuju kamar anda, sebaiknya lakukan pengecekan ulang terhadap situasi rumah, kunci semua pintu dan tutup semua jendela untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan terjadi. Lakukan juga pengecekan terhadap kompor dan segala alat elektronik. Tindakan ini penting untuk menjaga keamanan rumah  anda.

3. Lakukan Relaksasi (Peregangan) Tubuh
Kelelahan yang anda alami setelah seharian beraktivitas juga mempengaruhi tubuh dan pikiran anda. Luangkan waktu sejenak untuk melakukan peregangan tubuh dan bermeditasi untuk menenangkan pikiran. Teknik yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan bernapas dalam dan bermeditasi. Tindakan ini akan membuat oksigen yang didapatkan tubuh menjadi optimal dan diri anda akan lebih tenang.

4. Minum Air Secukupnya
Selama tidur tentunya kita tidak makan dan juga minum. Tidak semua bagian tubuh diistirahatkan saat tidur, beberapa bahkan bekerja lebih keras. Minum air putih secukupnya akan menghindari tubuh anda dari kekurangan cairan, selain itu juga baik untuk kesehatan kulit. Namun jangan berlebihan, karena jika terlalu banyak minum kerja ginjal akan meningkat, hal ini akan memberikan dampak buruk bagi tubuh anda.

5. Merencanakan Hari Esok
Orang yang berpikiran untuk maju dan ingin sukses biasanya memiliki manajemen waktu yang baik. Mereka mengalokasikan waktu dengan teratur dan tidak membuang waktu untuk sesuatu yang tidak berguna. Oleh karena itu membuat jadwal atau perencanaan untuk hari esok sebelum tidur merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik untuk dilakukan.

6. Membaca Buku Positif
Penting untuk memulai hari dengan hal – hal positif agar hidup lebih menyenangkan. Salah satu kebiasaan yang dapat dilakukan adalah dengan membaca buku dan menambah pengetahuan sebelum anda tidur. Membaca mampu meningkatkan kemampuan otak anda, selain itu waktu tidur merupakan waktu yang sangat tepat karena penyerapan informasi otak lebih baik.

7. Tidur Dalam Posisi yang Benar
Tahukah anda kalau posisi tidur mempengaruhi kesehatan tubuh anda ? Tidur miring ke kanan seperti posisi janin atau tidur terlentang merupakan posisi terbaik untuk tidur. Kesalahan dalam posisi tidur akan menyebabkan anda tidak nyenyak atau terjadi gangguan pada organ saat anda bangun tidur, contohnya kesemutan atau sering terjaga tiba – tiba.

8. Mematikan Gadget dan Alat Elektronik di Sekitar anda
Perkembangan internet dan sosial media membuat banyak orang ketagihan. Pada masa ini orang akan membawa gadgetnya ke tempat tidur dan menelusuri internet sampai mereka bosan. Sebaiknya anda menghindari penggunaan gadget sebelum tidur. Matikanlah gadget anda karena paparan radiasinya akan memberikan sinyal tubuh untuk bangun, selain itu paparan radiasi tersebut juga dapat meningkatkan resiko tubuh terkena kanker. Bahkan kami pernah mendapatkan informasi remaja yang terluka karena gadgetnya meledak saat ia sedang tidur.


Nah itulah pembahasan kami kali ini tentang 8 Kebiasaan yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur, Semoga dapat bermanfaat. JanganDiShare ! Anda Sudah Cukup :D. Temukan rahasia lainnya di website kami, berbagai informasi menarik akan kami sajikan setiap hari. Jangan lupa Subscribe. 

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »