5 Kebiasaan Buruk yang Wajib Anda Hindari Sebelum Tidur

08.00
Selamat datang sahabat J

Saat tidur tidak semua organ tubuh berhenti bekerja. Beberapa diantaranya bahkan bekerja lebih keras dibandingkan saat kita terjaga. Kualitas tidur yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan kekuatan mentalnya. Jika tubuh dan mental terganggu, tentu aktivitas yang akan dilakukan pada esok hari tidak optimal dan hasilnya mengecewakan. Untuk mencegah hal tersebut Hindari melakukan kebiasaan buruk di bawah ini.
5 KEBIASAAN BURUK YANG WAJIB DIHINDARI SEBELUM TIDUR
Berikut adalah Kebiasaan yang Wajib anda Hindari Sebelum Tidur :

1. Makan Berat Sesaat Sebelum Tidur
Makan memang merupakan kebutuhan sehari – hari untuk memberikan nutrisi yang optimal pada tubuh. Tapi makan di waktu yang salah malah akan memberikan dampak negatif, salah satunya adalah makan sesaat sebelum anda hendak tidur. Organ pencernaan merupakan organ yang beristirahat saat kita tertidur. Jika anda langsung makan setelah tidur maka organ pencernaan harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan, terlebih lagi ketika tubuh anda dalam posisi berbaring, hal ini akan memberikan dampak negatif bagi tubuh anda. Akan sering terbagun, memiliki kualitas tidur yang buruk, sering henti napas saat tidur merupakan keluhan yang timbul karena makan sesaat sebelum tidur. Waktu yang baik adalah makan minimal 2 jam sebelum anda hendak tidur.

2. Menggunakan Gadget atau Alat Elektronik
Sosial media dan internet memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia pada masa ini. Intensitas penggunaan gadget dan alat elektronik terus meningkat pada semua usia. Kebiasaan ini juga dilakukan sebelum tidur, tapi mereka tidak sadar bahwa kebiasaan buruk tersebut akan memberikan dampak negatif bagi tubuhnya. Radiasi dari sinyal dan sinar gadget memberikan respon bagi tubuh untuk tetap terjaga sehingga akan sulit untuk tidur. Selain itu radiasi ini juga dapat mempengaruhi sel – sel tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko kanker.

3. Olahraga Berat Sebelum Waktu Tidur
Manusia memiliki pola tidur biologis yang disebut dengan irama sirkadian. Pola tidur ini dipengaruhi oleh kondisi gelap dan terang. Ketika waktunya tidur, akan terjadi perubahan keseimbangan hormon pada tubuh sehingga akan memberikan rasa kantuk. Ketika anda melakukan olahraga di malam hari, sejatinya tindakan anda berlawanan dengan irama sirkadian yang dimiliki tubuh. Hal ini akan memberikan berbagai dampak buruk karena keseimbangan hormon tubuh akan terganggu. Banyak orang yang mengatakan olahraga sebelum tidur merupakan hal yang baik, namun pernyataan tersebut keliru. Ketika anda berolahraga, tubuh dipacu lebih keras, jantung bekerja lebih berat, badan akan terasa lebih segar, dan tubuh membutuhkn waktu untuk menurunkan adrenalin sesaat setelah anda berhenti olahraga. Proses ini akan membuat anda kesulitan dalam memulai tidur, walaupun nantinya akan membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak. Terlepas dari

4. Minum Kopi dan Merokok
Salah satu dampak buruk dari minum kopi adalah insomnia, atau kesulitan untuk tidur. Kafein sebagai zat utama dalam kopi akan memberikan efek terjaga sebentar, tekanan darah akan meningkat, kafein dapat mengganggu adenosin yang bekerja untuk memberikan ketengan  pada tubuh. Oleh karena itu kafein akan membuat anda sulit untuk tidur, hindari mengkonsumsi kopi agar tidur berkualitas.

Merokok adalah hal yang berbahaya, baik jika dilakukan sebelum tidur maupun pada waktu lainnya. Namun konsumsi rokok yang berlebihan akan memberikan pengaruh langsung terhadap kualitas dan kuantitas tidur yang anda rasakan. Sulit tidur, Sulit bangun di pagi hari, merasa tidak segar saat bangun, sering terjaga, dan banyak hal buruk lainnya yang menjadi keluhan seorang perokok. Jadi sebisa mungkin anda menghindari rokok sebelum tidur.

5. Membiarkan Lampu Menyala dan Tidak Melakukan Pengecekan Terhadap Situasi Rumah
Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa pola tidur dipengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Salah satu hormon yang berperan dalam membuat anda tidur adalah melatonin. Berdasarkan hasil penelitian, lampu yang menyala dapat menghambat produksi hormon melatonin oleh tubuh anda. Karena itu kualitas yang didapatkan saat tidur dengan lampu menyala menjadi tidak optimal.
Sedangkan untuk poin “Melakukan Pengecekan Terhadap Situasi Rumah” lebih mengarah kepada keamanan dan kenyamanan yang anda dapatkan. Lakukan pengecekan, kuncilah semua pintu, tutup jendela, cek apakah kompor sudah dimatikan, dan apakah keluarga anda sudah lengkap. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, kemungkinan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan akan menurun drastis. Banyak orang yang mengabaikan poin ini, mereka tidak sadar bahwa itu merupakan kebiasaan buruk yang memberikan dampak negatif bagi dirinya.

Nah itulah 5 Kebiasaan yang wajib anda hindari sebelum tidur, biasakan diri anda untuk benar – benar menghindari kebiasaan tersebut. Alah bisa karena biasa, ketika sudah menjadi kebiasaan, maka akan sulit untuk dihilangkan. Baca juga berbagai rahasia lain yang kami bagikan di website ini. Terus berkunjung dan jangan lupa untuk berlangganan artikel kami. J

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »