7 Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

20.00
Selamat Datang Sahabat J

Jogging adalah aktivitas berlari – lari kecil dengan kecepatan di bawah 6 mil/jam (9,7 km/jam). Jogging merupakan olahraga yang sangat baik untuk dijadikan rutinitas, karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan mental. Jogging merupakan olahraga yang tidak membutuhkan alat untuk melakukannya, jadi jogging merupakan olahraga yang murah, mudah dan bermanfaat. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari karena waktu tersebut lebih efektif dan optimal. Pada artikel kali ini kami akan menjabarkan tentang 7 Manfaat jogging bagi kesehatan tubuh dan Pikiran , antara lain adalah sebagai berikut :
7 MANFAAT JOGGING BAGI KESEHATAN TUBUH DAN PIKIRAN
1. Memperlancar Aliran Darah
Aktivitas jogging dapat mengurangi kolesterol darah sehingga aktivitas ini dikatakan dapat memperlancar aliran darah dan mengendalikan tekanan darah. Salah satu penyebab tersumbatnya pembuluh darah adalah karena adanya lemak dan kolesterol yang menumpuk, nah jogging dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengalami penyumbatan pada pembuluh darahnya. Lancarnya aliran darah akan membawa dampak positif bagi organ – organ penting di dalam tubuh seperti, jantung yang semakin kuat, otak yang bekerja lebih optimal, dan kulit yang akan tampak cerah.

2. Memperkuat Otot dan Meningkatkan Kepadatan Tulang
Dengan melakukan jogging secara teratur kita telah melatih beberapa otot dan tulang tubuh karena otot dan tulang sering digunakan untuk menopang beban tubuh saat berlari. Beberapa tulang yang sangat berhubungan dengan jogging adalah tulang kaki, tulang punggung, dan tulang piggul. Sedangkan otot yang banyk digunakan saat jogging adalah otot yang berhubungan dengan tulang – tulang tadi, namun otot jantung juga akan semakin kuat karena ketika jogging, jantung bekerja sedikit lebih keras sehigga otot – ototnya menjadi lebih terlatih. Kesehatan tulang dan otot akan mengurangi resiko anda terkena penyakit tulang keropos saat usia menua.

3. Meningkatkan Stamina
Stamina adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dalam jangka waktu tertentu. Seperti yang telah kami paparkan pada beberapa poin diatas bahwa jogging dapat meningkatkan kerja beberapa organ penting dalam tubuh, melatih otot dan tulang serta meningkatkan metabolisme tubuh. Otomatis apabila dilakukan secara teratur dan terus – menerus maka jogging akan membuat tubuh lebih terlatih dan lebih baik sehingga stamina juga akan meningkat. Peningkatan stamina akan berguna dalam menjalani kehidupan sehari – hari karena akan meningkatkan produktivitas kita saat bekerja dan membantu kita tetap berkonsentrasi.

4. Efektif untuk menurunkan berat badan agar bentuk tubuh ideal
Aktivitas Jogging membutuhkan energi lebih banyak dibandingkan aktivitas sehari – hari kita, sehingga saat melakukan jogging, maka kalori dalam tubuh akan terbakar lebih cepat dan metabolisme yang terjadi meningkat. Kelebihan berat – badan umumya karena lemak tubuh yang berlebih, seperti yang kita ketahui lemak merupakan sumber energi cadangan yang dapat digunakan. Karena ketika jogging energi lebih banyak digunakan, maka lama kelamaan sumber cadangan energi akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, sehingga secara perlahan tapi pasti berat badan akan menurun jika melakukan aktivitas ini secara teratur. Namun perlu diperhatikan, apabila anda memiliki niat untuk menurunkan berat badan dengan jogging ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, tanyakan berapa jarak dan waktu yang sebaiknya anda lakukan saat jogging. Karena apabila anda memaksakan aktivitas jogging dengan berat badan yang berlebih maka akan tidak baik bagi tubuh sehingga dapat meningkatkan faktor resiko terkena penyakit tulang akibat beban berlebihan yang ditopang saat berlari.

5. Menurunkan Resiko berbagai macam penyakit
Jogging termasuk salah satu olahraga. Setiap orang yang melakukan olahraga secara teratur akan memiliki kemungkinan lebih kecil terkena berbagai penyakit dibandingkan orang yang tidak melakukan olahraga. Beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan jogging adalah kanker, diabetes, hipertensi, dll. Jogging juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih jarang terkena serangan virus atau bakteri seperti influenza.

6. Mengatasi Masalah Gangguan Tidur
Gangguan tidur berhubungan dengan kualitas dan kuantitas tidur, jogging dapat mengatasi kedua masalah tersebut. Jogging di pagi atau sore hari akan membuat tubuh merasa lebih lelah dari biasanya sehingga tidur akan lebih teratur dan lebih dalam, hal ini akan meningkatkan kualitas dan lamanya kita tidur. Dengan melakukan jogging secara teratur anda akan dapat memperbaiki pola tidur, dan masalah susah bangun saat pagi hari juga akan teratasi.

7. Mengurangi stress, Meningkatkan kepercayaan diri dan Menjernihkan pikiran
Selain memiliki manfaat untuk kesehatan fisik, jogging juga mmeberikan dampak positif untuk kesehatan mental. Olahraga ini memberikan kenyamanan dan ketenangan, selain itu menghirup lebih banyak oksigen memberikan banyak pengaruh bagi mental tubuh. Sehingga jogging akan membuat kita lebih relaks dan bersemangat. Hal ini membuat stress berkurang, kepercayaan diri meningkat dan pikiran menjadi jernih.


7 Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran. Oleh karena itu sebaiknya anda mulai melakukan jogging secara teratur secepatnya agar hidup lebih berkualitas. Ingat ! JanganDiShare , hidup anda bisa lebih baik dari mereka :D .  Namun perlu diperhatikan bahwa jogging juga harus dilakukan dengan benar, contohnya anda melakukan pemanasan sebelum melakukannya, dan jangan dilakukan secara berlebih, yang penting kontinu dan konsisten. Terimakasih telah berkunjung. Semoga hari anda menyenangkan. :D 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
23 Maret 2018 pukul 16.10 delete

benar, karena berat badanku pernah over banget waktu itu, konsultasi dengan trainer pengen jogging gitu, tapi malah egk dibolehin karena bahaya buat tulang katanya, setelah berat badan lebih turun baru dibolehin

Reply
avatar