9 Cara Ampuh Mencegah Jerawat Dengan Mudah

20.00
Selamat Datang Sahabat J

Wajah merupakan pusat kecantikan manusia, beberapa masalah yang berhubungan dengan bentuk dan kelainan wajah tentunya akan sangat mengganggu bagi anda yang peduli soal penampilan. Jerawat merupakan salah satu keluhan yang paling sering menjadi masalah, jerawat adalah benjolan yang biasanya terdapat pada bagian sentral tubuh, kemunculannya sering berhubungan dengan perubahan hormon pada masa pubertas. Secara sederhana Proses terbentuknya jerawat adalah sebagai berikut :

Masalah yang mendasari timbulnya jerawat adalah penyumbatan pada pori-pori dan penumpukan sebum (hasil sekresi kelenjar minyak folikel Polisebasea). Penyumbatan ini membuat sekret (Sebum) dari kelenjar minyak pada folikel tidak dapat keluar sehingga menumpuk di dalam folikel rambut dan menimbulkan tonjolan pada lokasi jerawat. Sekret yang tertumpuk mengandung mengandung flora normal tubuh yaitu Propionibacterium Acnes (P. Acne). Dalam keadaan sekret (Sebum) yang normal bakteri tersebut tidak menimbulkan masalah, namun ketika sekret (sebum) tertumpuk, bakteri akan semakin banyak dan merangsang sistem pertahanan tubuh untuk bergerak. Sel imun yang bertanggung jawab akan melawan bakteri sehingga terjadinya infeksi dan membentuk sekret berupa nanah. Kandungan nanah ini merupakan gabungan dari bakteri dan sel imun tubuh yang mati akibat reaksi pertahanan tubuh kita. Tumpukan nanah membentuk benjolan, dan apabila dipencet akan menimbulkan bekas luka pada lokasi tersebut.

Itulah proses terbentuknya jerawat, tentu teman – teman sudah tidak asing dengan gambaran jerawat bukan ? Mari lihat gambar di bawah ini
PROSES MUNCULNYA JERAWAT 
Gambar tersebut menunjukkan proses munculnya jerawat secara sederhana. Saya yakin anda tidak ingin memiliki jerawat karena itu mengerikan. Terlebih lagi biasnya jerawat akan menimbulkan bekas yang susah hilang. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana Cara Ampuh Mencegah Jerawat dengan Mudah agar kemungkinan anda memiliki jerawat lebih kecil.
Sebenarnya prinsip dari pencegahan jerawat adalah dengan menghindari faktor penyebabnya, nah kami menyimpulkan bahwa cara terbaik adalah dengan menjaga kesehatan kulit. Beberapa langkah yang baik anda lakukan adalah :

1. Jagalah Kebersihan wajah anda setiap saat
Salah satu penyebab terjadinya jerawat adalah banyaknya sel – sel kulit mati yang tidak sehat. Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa masalah awal terbentuknya jerawat adalah penyumbatan pori – pori kulit dan produksi kelenjar minyak yang berlebih. Secara logika semakin banyak sel kulit mati pada kulit, maka semakin mudah terjadi sumbatan pada pori – pori kulit. Ketika wajah kotor sekresi kelenjar minyak lebih banyak karena fungsinya untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga kemungkinan untuk sekret kelenjar minyak menumpuk dan menyumbat pori – pori juga semakin besar. Selain mencegah jerawat, wajah yang bersih juga meningkatkan kecantikan dan kepercayaan diri seseorang.
9 CARA AMPUH MENCEGAH JERAWAT DENGAN MUDAH
2. Cucilah wajah anda secara teratur
Bagi anda yang muslim, jagalah wudhu anda karena wudhu juga dapat menjaga kebersihan wajah serta memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Setelah mencuci wajah, lebih baik menggunakan handuk yag bersih dan lembut untuk mengeringkannya. Mencuci wajah lebih bagus dilakukan dengan air hangat, karena air yang terlalu panas akan membuat wajah kering dan air yang terlalu dingin akan mengganggu keadaan pembuluh darah anda. Apabila ingin menggunakan sabun, maka kenalilah sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda, karena sabun untuk kulit kering, berbeda dengan sabun untuk kulit lembab.

3. Jagalah kebersihan tangan anda
Seringkali kita menyentuh bagian wajah dengan tangan tanpa kita sadari, dan apabila hal tersebut dilakukan saat tangan dalam keadaan kotor, otomatis wajah juga akan ikut kotor, maka meningkatlah kemungkinan anda memiliki jerawat.

4. Lakukan pemijatan pada wajah setelah dan sebelum tidur
Pemijatan pada wajah ini berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan mengencangkan kulit. Sebaiknya dilakukan selam 2 – 3 menit sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Pemijatan wajah yang dilakukan sebelum tidur dapat mengurangi tekanan pada otot wajah yang timbul karena kelelahan dari aktivitas yang kita lakukan di hari itu. Sedangkan pemijatan setelah bangun tidur dapat berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia untuk memulai hari. Bagi anda yang menggunakan krim perawatan, pemijatan ini juga dapat mempercepat penyerapan krim tersebut.

5. Tidur optimal dan teratur
Kebutuhan tidur sebenarnya tergantung kepada usia anda. Pada usia remaja dan dewasa, tidur 8 jam perhari merupakan kebutuhan tidur optimal yang dibutuhkan tubuh kita. Kebutuhan tidur tersebut harus terpenuhi apabila anda ingin hidup sehat sekaligus mencegah jerawat, namun juga harus dilakukan secara teratur. Pola tidur yang abnormal dan kebutuhan tidur yang tidak terpenuhi akan memicu stress. Kemudian stress akan membuat perubahan keseimbangan hormon dalam tubuh, proses inilah yang akan mengawali timbulnya jerawat pada tubuh.

6. Hindari penggunaan make up yang berlebihan
Meskipun sebagian besar wanita mengganggap make up sebagai salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki, namun dalam menggunakannya tentulah harus sesuai prosedur dan hati – hati. Karena komponen make up adalah bahan kimia yang memiliki efek samping terhadap kulit kita. Salah satu bahan kosmetika yang berbahaya pada make up adalah merkuri yang meningkatkan resiko kanker kulit. Peting bagi anda yang menggunakan make up untuk mengerti cara membersihkan make up secara benar, anda juga diwajibkan untuk merawat alat – alat make up agar tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri. Seperti yang kita ketahui bakteri merupakan salah satu penyebab infeksi, apabila terjadi di wajah tentunya akan berhubungan dengan kemunculan jerawat.

7. Hindari stress dan penuhi kebutuhan nutrisi kulit anda
Stress merupakan faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap munculnya jerawat, karena stress berhubungan dengan perubahan keadaan hormon dalam tubuh yang akan memacu perubahan lain pada organ – organ tubuh termasuk kulit. Keadaan stress dapat membuat peningkatan sekresi sebum oleh kelenjar minyak di wajah sehingga meningkatkan resiko munculnya jerwat.

Sangat baik untuk mengkonsumsi buah dan sayuran secara teratur karena Vitamin A, Vitamin E, antioksidan, dan nutrisi kulit lain banyak terdapat pada makanan tersebut. Secara keseluruhan fungsi nutrisi ini adalah untuk menjaga kekuatan, kesehatan, dan kesempurnaan kulit. Sehingga apabila tubuh kekurangan zat – zat tersebut maka kesehatan kulit juga akan menurun. Nutrisi tersebut dapat mengurangi jumlah sel – sel kulit mati, meningkatkan elastisitas kulit, dengan demikian faktor resiko timbulnya jerawat berkurang dan kemungkinan jerawat muncul juga menurun.

8. Konsumsi air yang cukup bagi tubuh setiap hari
Hal ini berfungsi untuk membuat tubuh dalam keadaan optimal dan kulit tetap sehat, tidak kekurangan cairan. Air menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit tetap elastis. Hal ini akan memperlambat timbulnya garis – garis halus dan kerutan pada kulit anda, sehingga air disebut juga produk alami untuk menunda penuaan. Ketika kulit sehat dan terjaga maka kemungkinan timbulnya jerawat juga akan semakin kecil.

9. Berolahraga secara teratur.
Saya rasa mengenai poin yang satu ini tidak perlu dijelaskan lagi manfaatnya :D


Itulah 9 jalan yang terbukti dapan mencegah jerawat timbul. JanganDiShare ! Anda bisa mencegah jerawat dengan Cara Ampuh Mencegah Jerawat dengan Mudah sedangkan mereka tidak, bukankah itu menyenangkan, terus kunjungi website kami untuk menemukan rahasia lain. Silahkan subscribe untuk mengetahui rahasia terbaru yang kami bagikan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya J

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
26 Maret 2018 pukul 10.18 delete

poni rambut juga bisa menyebabkan jerawat lho!

Reply
avatar