5 Tips Olahraga yang SALAH di Internet

12.00
Selamat Datang Sahabat J

Olahraga adalah aktivitas yang dilakukan untuk melatih tubuh, tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Kegiatan olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Namun kegian olahraga ini harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai aturan yang dianjurkan. Karena apabila salah dalam melakukannya dapat menimbulkan cedera dan memberikan efek yang negatif.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak orang yang mulai mencari info tentang olahraga di internet, contohnya ia mengetikkan “olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat”, mereka menyerap dan menerapkan informasi tersebut secepatnya, memang saat pertama – tama dilakukan tidak menunjukkan dampak negatif yang besar, lama kelamaan barulah muncul dampak negatifnya.
5 TIPS OLAHRAGA YANG SALAH DI INTERNET
Nah akibat begitu banyak informasi salah di Internet, kami mencoba menggali informasi dari beberapa sumber terpercaya tentang “5 Tips Olahraga yang SALAH di Internet”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat J

1. Melakukan Olahraga Tanpa Pemanasan dan Peregangan
Olahraga merupakan kegiatan yang melibatkan otot, sendi dan tulang dalam intensitas yang lebih besar daripada biasnya. Pemanasan adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan frekuensi jantung secara perlahan, memberikan aliran darah optimal ke seluruh tubuh. Sebelum melakukan olahraga kita lebih baik melakukan pemanasan selama 5 sampai 15 menit kemudian peregangan (streching) selama beberapa menit. Pemanasan dan peregangan berguna untuk membuat otot, tulang, dan sendi untuk digunakan lebih berat dari biasanya sehingga resiko cedera dapat ditekan. Jika tidak melakukan pemanasan dan peregangan, maka anda dapat mengalami beberapa cedera otot, sendi dan tulang, contohnya cedera terkilir, keram, tergesernya sendi,dll.

2. Melakukan Olahraga Berlebihan Dalam 1 Waktu
Menyadari bahwa olahraga bagus untuk kesehatan adalah hal yang baik. Namun melakukannya secara berlebihan juga dapat menimbulkan hal yang buruk. Kadang kita merasa terlalu bersemangat pada saat – saat tertentu, sehingga memaksakan tubuh untuk berolahraga terlalu berat dalam satu waktu. Hal tersebut membuat otot, tulang dan sendi bekerja terlalu berlebihan, sehingga meningkatkan resiko cedera. Dampak dari olahraga ini bisa saja merupakan dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang, contoh dampak jangka pendek adalah keram, sedangkan dampak jangkat panjang adalah munculnya penyakit – penyakit yang berhubungan dengan tulang, sendi, dan otot.

3. Semakin Banyak Keringat yang keluar Maka Semakin Cepat Anda Kurus
Memang benar bahwa keringat menandakan bahwa terjadi peningkatan metabolisme tubuh anda. Namun tidak berarti anda harus mengeluarkan keringat sebanyak mungkin untuk kurus. Sebaliknya, jika keringat yang anda keluarkan terlalu banyak akan membuat tubuh anda dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini akan sangat berbahaya bila diabaikan.

4. Makanan Tidak terlalu penting, Olahraga yang nomor satu
Keliru, Asupan makanan merupakan hal yang tidak kalah penting. Jika anda melakukan olahraga yang baik namun mengabaikan konsep gizi seimbang, maka tidak ada gunanya. Olahraga dapat membakar kalori, tapi jika kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang dibakar saat olahraga maka tetap saja tidak baik. Contohnya, anda tidak makan pagi sebelum olahraga, lalu setelah olahraga merasa sangat lapar, kemudian makan 2 porsi lebih banyak dari biasanya, tentu saja program untuk menurunkan berat badan anda tidak akan berhasil dengan cara seperti ini. Juga perlu diperhatikan bahwa olahraga yang baik dan benar akan memperbaiki pola makan anda, kepekaan terhadap apa yang dirasakan tubuh akan meningkat dan membuat kita mampu mengontrol makan agar tidak berlebihan.

5. Olahraga sudah maksimal jika tubuh sudah merasa sakit
Salah. Kita tidak perlu sampai merasa sakit untuk menandakan bahwa olahraga kita sudah maksimal. Ini sama saja anda memaksakan tubuh saat berolaraga dan sesuatu yang dipaksakan itu tidak baik. Kuantitas olahraga yang baik bagi seseorang itu tergantung kepada tinggi badan, berat badan, usia, dll. Sebaiknya jika sudah merasa sangat lelah, segeralah berhenti.


Itulah 5 Tips Olahraga yang SALAH di Internet. Jangan mempercayai hal – hal tersebut, karena 5 informasi itu hanya mitos. Informasi yang anda terima di internet jangan terlalu mudah diserap, konfirmasikanlah ke ahlinya terlebih dahulu sebelum anda menerapkan di kehidupan anda. Terimakasih telah berkunjung, JanganDiShare !!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »