7 Kesalahan yang Harus Anda Hindari Sebagai Seorang Pebisnis

12.00
Selamat Datang Sahabat J

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya, begitupula seorang pebisnis. Namun setiap orang juga harus terus meningkatkan dirinya agar menjadi pribadi yang lebih baik, salah satu caranya adalah dengan belajar dari pengalaman orang lain. Pada artikel kali ini kami akan memaparkan 7 kesalahan yang wajib anda hindari sebagai seorang pebisnis. Semoga dapat bermanfaat.

Dalam dunia bisnis kesalahan kecil bisa membawa malapetaka bagi perkembangan usaha pebisnis tersebut. Apalagi kesalahan yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan terhadap produk yang anda tawarkan. Pelanggan yang tidak puas akan malas bahkan mungkin tidak akan pernah belanja atau memakai jasa anda lagi. Kemungkinan mereka juga anda memberitahu keluarga, teman dan kenalannya untuk tidak berlangganan produk anda karena mengecewakan. Hal ini sangat berbahaya bagi perkembangan bisnis anda. Nah berikut adalah Kesalahan yang Wajib Anda Hindari dalam Dunia Bisnis.
7 KESALAHAN YANG HARUS ANDA HINDARI SEBAGAI PEBISNIS
1. Berbohong dalam Menjalankan Bisnis
Banyak pihak yang terlibat dalam menjalankan suatu bisnis, apalagi bisnis anda sudah besar dan memiliki cakupan yang luas. Contohnya Toko Sepatu, beberapa pihak yang akan terlibat dalam bisnis anda adalah produsen sepatu (tempat pengambilan stok sepatu), pelanggan, reseller (orang yang membeli produk anda kemudian menjualnya lagi), dan pekerja. Satu kebohongan dapat membuat bisnis anda kacau.
  • Jika anda berbohong kepada pelanggan, contohnya memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kualitas produk, kemungkinan pelanggan tersebut tidak akan membeli produk anda lagi.
  • Jika anda berbohong kepada produsen, anda akan sulit mendapatkan produsen tetap dengan kualitas produksi yang bagus.
  • Apabila anda berbohong kepada pekerja maka mereka tidak akan semangat untuk bekerja secara maksimal, bahkan kemungkinan terburuk mereka akan memilih untuk berhenti.

2. Takut Mengeluarkan Modal
Untuk membangun gedung yang perkasa dibutuhkan pondasi yang kuat. Sama halnya dengan bisnis, agar bisa sukses anda membutuhkan modal untuk pengembangan bisnis anda. Jangan takut untuk mengeluarkan modal yang besar jika hal tersebut mampu meningkatkan kualitas produk anda. Di era yang serba maju seperti sekarang, semakin banyak pesaing yang akan mendahului anda apabila masih setengah – setengah dalam usaha bisnis anda.

3. Menomorduakan Kepuasaan Pelanggan
Tidak ada gunanya kualitas produk jika anda tidak memiliki pelanggan. Oleh karena itu kepuasaan pelanggan haruslah menjadi nomor satu bagi anda. Usahakan terus menjaga pelanggan tetap anda, berikan pelayanan terbaik, ciptakanlah inovasi yang membuat pelanggan semakin percaya dan tertarik dengan perusahaan anda. Contohnya, berikanlah hadiah kepada setiap pelanggan yang membeli 20 produk. Inovasi ini mampu membuat pelanggan datang kembali dan menjadi langganan produk anda.

4. Menunda Peluang yang didapatkan
Saat menjalankan bisnis, pasti akan ada momen dimana kita mendapatkan peluang atau ide baru untuk mengembangkan bisnis, bisa tawaran kerjasama, tawaran investor, dan lainnya. Ketika anda memiliki peluang tersebut, segera ambil tanpa menundanya. Jangan terlalu banyak berfikir dan takut peluang ini tidak memberikan kemajuan, berusahalah terlebih dahulu, hasil tidak akan menghianati usaha anda.

5. Salah Memilih Partner Bisnis dan Sungkan Untuk Bekerjasama
Penting untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar bisnis terus berkembang. Namun kesalahan dalam memilih partner bisnis bisa sangat berbahaya karena akan memiliki dampak jangka panjang. Sebelum melakukan kerjasama dengan pihak lain, lakukanlah penyeleksian terhadap partner yang akan anda pilih. Jalinlah hubungan dengan mereka yang memiliki visi misi dan tekad yang sama dengan anda. Perbedaan visi akan membuat bisnis berantakan, perbedaan tekad akan membuat anda bekerja lebih keras dibandingkan partner anda. Oleh karena itu hindari kesalahan dalam memilih partner. Perlu diperhatikan pula bahwa anda tidak akan bisa bekerja sendiri, kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pemula adalah sungkan untuk bekerjasama, hal ini sangatlah berbahaya. Jadi agar bisnis anda sukses “Jangan Sungkan untuk Bekerjasama namun Tetaplah Hati – hati dalam Memilih Partner Bisnis”

6. Cepat Puas Diri
Ketika berhasil mencapai suatu target dalam menjalankan bisnis, kita memang boleh bersyukur dan bangga. Tapi hati – hati, jangan sampai sombong dan terlena dengan pencapaian tersebut. Jangan berhenti untuk melangkah maju, terus kembangkan bisnis anda. Terlalu puas dengan suatu pencapaian akan memberikan efek negatif bagi bisnis anda. Kepuasan yang berlebihan membuat anda berpikir bahwa sudah menjadi orang yang berhasil, hal tersebut akan menurunkan peforma kerja dan menghambat kemajuan bisnis. Bisnis anda yang tidak maju akan kalah dengan pesaing lain yang lebih inovatif dan lebih baik.

7. OverWork (Bekerja Terlalu Keras)
Untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis memanglah bukan hal yang mudah. Perlu kerja keras dan ketekunan, tapi makna kerja keras disini bukanlah memaksakan diri anda bekerja melebihi kemampuan. Ketika kita memaksakan diri dalam bekerja, tubuh dan mental akan terpengaruh sehingga memberikan dampak buruk secara keseluruhan. Saya yakin bahwa anda tidak akan mampu bekerja seperti itu setiap hari, karena pada suatu titik anda pasti akan merasa jenuh dan berpikir bahwa hasil yang didapat tidak sesuai dengan usaha anda. Oleh karena itu sangat penting dalam menjaga konsistensi untuk melakukan suatu hal.

Nah itulah 7 Kesalahan yang Harus Anda Hindari Sebagai Seorang Pebisnis, semoga kita dapat belajar dari pengalaman orang lain sehingga tidak melakukan kesalahan – kesalahan tersebut. KeepThatSecret Just For you, dont tell anybody else. Biarkan mereka yang disana, teruslah upgrade diri anda sebagai seorang pebisnis. Mudah – mudahan rahasia ini dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di web kami yang sederhana ini J

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »