6 Gejala dan Tanda Bayi Anda Sedang Sakit

12.00
Selamat Datang Sahabat J

Kesehatan anak merupakan hal yang penting untuk terus dipantau. Bagi anda yang baru memiliki bayi tentunya hal tersebut merupakan prioritas utama. Sedikit saja anak anda sakit, maka orangtua memiliki kekhawatiran yang luar biasa. Namun untuk anak yang belum bisa berbicara dan belum bisa melakukan banyak kegiatan kadang sedikit sulit untuk mengenali adanya tanda – tanda ia sedang tidak sehat. Nah pada artikel ini kami akan berbagi ilmu mengenai Gejala Tanda Bayi Anda sedang Tidak Enak Badan.
GEJALA DAN TANDA BAYI ANDA SEDANG SAKIT
1. Perubahan Mood dan Tingkah Laku
Tanda yang pertama adalah perubahan tingkah laku bayi anda, dia yang biasanya sering menangis menjadi begitu pendiam dan tidak memberikan respon saat dirangsang. Ini merupakan gejala awal dari anak yang hendak sakit, terjadi karena ia merasa lemas dan letih akibat penyakitnya. Segera hubungi dokter untuk melakukan check up kepada bayi anda.

2. Perubahan Pola Minum ASI
Bayi yang baru lahir dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan melalui nalurinya. Bahkan ada sebuah tindakan medis yang memang ditujukan agar bayi bisa merangsang puting susu ibu untuk mengeluarkan susu. Memang agak sedikit susah mengenali kelainan pada bayi karena mereka hanya memberikan satu tanda, yaitu menangis. Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi mengalami perubahan saat minum ASI, salah satunya adalah mereka sedang tidak sehat. Kondisi bayi yang tidak sehat akan membuatnya kesulitan merangsang puting susu ibu sehingga ASI yang keluar tidak optimal. Merasakan sakit saat minum ASI juga dapat menjadi indikasi, hal ini dapat terjadi karena memar yang berhubungan dengan saluran pencernaan, leher, atau bagian tubuh lain. Anak yang sedang tumbuh gigi juga akan menolak minum ASI karena merasa gusi nyeri dan ngilu.

3. Kelainan Tidur pada Bayi
Semakin bertambah usia anak, maka jam tidurnya akan semakin berkurang. Anda harus mengetahui jumlah jam tidur normal pada anak anda. Pada bayi berusia 0 – 2 bulan anak biasanya tidur sekitar 16 jam, pada usia 3 - 5 bulan sekitar 15 jam, 6 – 8 bulan = 14 ¼ jam, 9 – 11 bulan sekitar 14 jam, dan pada usia 12 bulan sekitar 13 ¼ jam. Perubahan jam tidur yang terlalu sedikit atau terlalu banyak menandakan adanya kelainan pada bayi anda. Segera konsultasikan ke dokter anak yang anda percaya. 

4. Perubahan Warna Kulit bayi
Kulit merupakan organ yang dapat memberikan tanda berarti jika bayi anda sedang sakit. Kulit bayi normalnya berwarna kemerahan, dan dalam waktu 6 bulan kedepan barulah akan berkembang menjadi kulit permanen. Biasanya keluhan yang berhubungan dengan warna kulit adalah berubahnya warna kulit menjadi kuning, hal ini dapat menandakan terjadi pemecahan sel darah merah yang berlebihan dalam tubuh bayi. Dapat juga timbul bintik merah pada kulit bayi yang menandakan adanya reaksi inflamasi pada area tersebut. Oleh karena itu jika menemukan gejala perubahan warna kulit bayi segera hubungi dokter dan sampaikan keluhan anda.

5. Buang Air tidak seperti Biasanya
Baik perubahan yang terjadi saat bayi Buang Air Kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB) dapat mengindikasikan bahwa bayi anda sedang tidak sehat. Apabila anda temukan darah pada feses atau kencing bayi maka segera hubungi dokter, hal ini mengindikasikan penyakit yang bahaya pada bayi anda. Diare (buang air terlalu sering) atau konstipasi (tidak/susah buang air) juga menandakan bahwa anak sedang tidak fit. Diare atau muntah pada bayi dapat menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), apabila tidak segera ditangani maka keadaan dehidrasi ini bisa mengancam nyawa.

6. Perubahan Suhu tubuh
Untuk mengukur suhu tubuh bayi anda dapat menggunakan termometer rektal (Anus) atau oral (Mulut). Demam paling sering disebabkan karena bayi terinfeksi bakteri, oleh karena itu perlu diwaspadai apabila gejala ini muncul. Sedangkan bila anda rasakan ujung kaki , tangan, atau bahkan seluruh tubuh bayi terasa dingin, artinya bayi mengalami hipotermi atau akral dingin yang juga mengindikasikan bayi sedang tidak sehat.

Nah apabila anda mendapati salah satu dari 6 tanda tersebut pada bayi anda, segera konsultasi dengan dokter sesuai dengan keluhan karena telah muncul Gejala dan Tanda Bayi anda Sedang Tidak Sehat. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan dan menangani anak anda, jangan ditunda – tunda, karena bisa saja berakibat fatal. Semoga ilmu ini dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di web kami. Terus singgah dan cari tau Rahasia lainnya. J

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »