Bagaimana Proses Terbentuknya Rambut Uban ?

12.00
Rambut setiap orang berbeda – beda, namun kebanyakan berwarna hitam. Seiring dengan bertambahnya usia, warna rambut akan berubah memutih atau menjadi sedikit abu – abu. Artikel yang kami bagikan kali ini akan membahas tentang bagaimana proses rambut beruban. Langsung saja disimak, semoga dapat bermanfaat J

Rambut yang berwarna putih atau abu – abu disebut dengan uban. Penyebab utama perubahan warna pada rambut adalah karena zat melanin yang berkurang. Sama halnya seperti pada kulit, Melanin merupakan zat protein yang berperan menentukan warna pada bagian tubuh. Warna yang lebih gelap menandakan bagian tersebut memiliki lebih banyak melanin, sedangkan warna yang lebih terang memiliki melanin yang lebih sedikit.
BAGAIMANA PROSES TERBENTUKNYA RAMBUT UBAN ?
Melanin dihasilkan oleh sel – sel melanosit yang terdapat pada kantung rambut. Proses terjadinya uban biasanya diawali karena kekurang asupan nutrisi rambut atau menurunnya fungsi melanin sehingga gagal untuk memproduksi melanosit.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa semakin bertambahnya usia, melanosit akan mengalami penurunan fungsi, serta beberapa melanosit akan menjadi tidak aktif sehingga jumlah melanosit akan berkurang.
GAMBARAN FOLIKEL RAMBUT
Batang rambut menerima nutrisi dan oksigen dari ujung pembuluh darah. Apabila oksigen dan nutrisi tidak optimal maka kesehatan rambut akan terjaga kemudian akan mempengaruhi produksi melanin.
Tidak semua orang rambutnya dapat berubah menjadi putih ketika tua, karena hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah faktor genetik. Beberapa faktor lain yang dapat menjadi dasar perubahan warna pada rambut adalah :
  • Stress
  • Pola Hidup yang Tidak Baik
  • Mengalami Penyakit lain
  • Kulit Kepala yang kotor
  • Gangguan Keseimbangan Hormon

Masalah terkait dengan tumbuhnya Uban belum memiliki solusi sempurna yang dapat mengatasinya secara permanen. Penggunaan zat warna rambut hanya akan bersifat sementara, bahkan pemakaian zat warna yang berlebihan dapat membuat uban bertambah banyak. Oleh karena itu bagi anda yang menggunakannya harus berhati – hati.

Semoga ilmunya dapat bermafaat. Itulah artikel singkat kali ini tentang Bagaimana proses terbentuknya uban ? Terimakasih telah berkunjung, terus amati perkembangan blog kami untuk mendapatkan berbagai ilmu menarik lainnya. :) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »