7 Ciri Ciri Seseorang dengan Jiwa Pebisnis Sejati

08.00
Setiap manusia memiliki ketertarikan terhadap hal yang berbeda – beda. Oleh karena itu lahirlah berbagai macam pekerjaan. Keinginan yang tertanam dalam diri setiap individu akan menggambarkan pekerjaan yang cocok untuk dirinya. Ada yang ingin menjadi dokter, guru, gamer, dan pebisnis atau pengusaha. Pada artikel ini kami akan berfokus pada anda yang ingin menjadi pebisnis. Bagi anda yang ingin menjadi pebisnis harus memiliki jiwa pebisnis sejati agar dapat mencapai tujuan anda.

Meskipun yang paling penting dalam menjadi seorang pebisnis sukses adalah usaha dan kerja keras. Namun tetap saja dalam kenyataan kita menemukan beberapa orang yang memiliki kelebihan untuk menjadi seorang pebisnis. Mereka memiliki Jiwa Seorang Pebisnis Sejati.

Berikut adalah Ciri Jiwa Seorang Pebisnis Sejati :

CIRI CIRI SEORANG PEBISNIS SEJATI
1. Memiliki Jiwa yang Berani mengambil Resiko Namun tetap Penuh Perhitungan
Ciri pertama adalah mereka yang berani untuk mengambil resiko, tapi tidak asal – asalan. Saat ingin menjalankan rencananya mereka memperhitungkan banyak hal, termasuk kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Ketika sudah yakin, mereka akan langsung bergerak tanpa ada rasa takut. Sebelum melangkah, mereka menyusun strategi matang dan perencanaan yang baik untuk mensukseskan bisnisnya. Rasa takut bukanlah halangan, karena ketika gagal, mereka akan mengambil pelajaran yang berharga dan tidak mengulangi kesalahannya.

2. Memiliki Kepribadian yang Konsisten, Tekun, dan Tidak Cepat Puas dengan Pencapaiannya
Percuma saja jika tidak konsisten dalam menjalani suatu bisnis, konsistensi merupakan kunci dalam meraih kesuksesan. Walaupun semangat dalam diri kita naik turun, namun usaha kita harus tetap dilakukan dengan tekun. Banyak yang gagal karena mereka tidak konsisten, ada yang tidak sanggup konsisten karena overworked (bekerja terlalu keras), ada juga karena bosan menunggu hasil yang tidak kunjung muncul. Mereka yang memiliki jiwa pebisnis sejati tentu memilki keuntungan karena dapat terus bekerja dengan konsisten.

Cepat Puas diri tidak kalah berbahaya. Ketika memperoleh pencapaian memang sudah sepantasnya kita bersyukur dan bangga. Tapi kemudian kita akan memasang target selanjutnya untuk dicapai sehingga bisnis terus berkembang dan semakin besar. Ketika seseorang pebisnis terlarut dalam kesenangannya maka kemampuan untuk membuat inovasi baru akan menurun sehingga membinasakan bisnisnya.

3. Tekad yang Kuat dan Selalu Percaya Bahwa Mereka Bisa Mencapai Mimpinya
Mereka selalu percaya suatu saat akan membuat mimpinya menjadi kenyataan. Tapi tidak cukup dengan kepercayaan saja, mereka juga sadar bahwa perlu usaha maksimal agar mimpinya terwujud. Oleh karena itu tidak ada waktu untuk bermalas – malasan. Pikiran dan perkataan negatif orang lain tidak akan mudah menggoyahkan tekadnya. Dengan membawa bekal ini mereka akan terus melihat kedepan dan fokus dengan tujuan bisnisnya.

4. Kreatif dan Inovatif
Ide yang brilian merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk bisnis anda. Munculnya ide baru dengan manfaat yang lebih besar akan membuat pelanggan baru berdatangan tanpa diundang. Kreatifitas dan inovasi akan membuatnya unggul diantara saingannya yang lain. Produk yang dimunculkan akan menjadi pusat perhatian, oleh karena itu hal ini sangat berguna bagi mereka yang memang memilikinya.

5. Tidak Nyaman Terikat dan Bekerja di bawah Orang Lain
Ketika terikat dengan sebuah perusahaan atau bekerja dibawah perintah orang lain mereka akan merasa sangat depersi dan tertekan. Karena mereka adalah tipe orang yang ingin bebas menentukan kehidupannya. Selain itu mereka memiliki ide – ide luarbiasa dalam kepalanya, dan ketika bekerja dibawah orang lain, maka ide – ide tersebut akan sulit untuk dituangkan dan diwujudkan. Merasa terikat dan terbatas merupakan salah satu hal yang paling mereka benci.

6. Memiliki Skill Komunikasi dan Leadership yang Baik
Tidak bisa menjadi pebisnis sukses jika hanya bekerja sendiri. Kita harus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memperluas jangkauan bisnis. Mereka dengan jiwa pebisnis sejati memiliki kemampuan berkomunikasi dan leadership yang baik. Kemampuan tersebut akan membuatnya dipercaya oleh partner dan dihormati oleh karyawannya. 

7. Pantang Menyerah
Ketika telah membulatkan niat, mereka akan menyusun rencana dan strategi dalam menjalankan bisnis. Kemudian akan langsung melangkah untuk mewujudkan cita – cita tersebut. Mereka sadar akan ada halangan dan tantangan yang harus dilalui, namun mereka tetap yakin mampu mencapainya dan tidak kenal dengan kata MENYERAH. Namun banyak yang salah mengartikan, Mencoba hal baru dan berhenti dari percobaan yang sebelumnya bukanlah menyerah, namun mereka sadar percobaan sebelumnya tidak berguna lagi. Tujuan utamanya adalah kesuksesan dalam bisnis, berbagai percobaan dapat dilakukan untuk menuju kesuksesan tersebut.


Nah apakah anda merupakan salah satu dari yang memiliki jiwa pebisnis sejati ? Bersyukurlah jika memang iya. Namun bagi anda yang merasa tidak masuk dalam kategori tersebut jangan berkecil hati, anda tetap dapat membangun bisnis anda dengan memantapkan niat anda dan berusaha memiliki jiwa tersebut. Terimakasih telah berkunjung ke softilmu, jangan lupa untuk terus amati web kami untuk mendapat rahasia lainnya. JanganDiShare, Jaga Berita ini hanya untukmu J.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »